Ahli Menerjemahkan Bahasa? Kenapa Gak Jadi Guide?

Wisata Pantai Bandengan

Kalau anda mempunyai keahlian dalam bidang menerjemahkan bahasa kenapa tidak mencoba untuk membuka tour guide? atau setidaknya menjadi orang yang memberikan jasa penerjemah kepada para turis asing di tempat tinggal anda.

Tulisan ini hanya untuk memberikan solusi saja khususnya buat anda yang ahli dalam bidang bahasa ini. Karena banyak sekali orang-orang yang sudah berhasil lantaran ia mau memanfaatkan keahliannya itu.

Jasa Penerjemah

Jasa penerjemah ialah suatu layanan yang hanya bisa di berikan oleh orang yang mempunyai keahlian tersendiri. Menjadi seorang ahli jasa penerjemah pastinya ia harus tahu dengan mantab bahasa asing yang akan di terjemahkannya.

Bukan hanya bisa menerjemahkan tapi juga harus bisa:

  1. listening
  2. speaking
  3. writing
  4. reading

Kalau sudah ahli dalam ketiga macam itu maka jelas orang bersangkutan baru bisa di katakan orang yang ahli di bidang jasa penerjemah dan boleh membuka jasa penerjemah dan sangat di anjurkan untuk mengikuti test untuk mendapatkan sertifikat sebagai penerjemah tersumpah.

Saat ini ada beberapa bahasa yang paling banyak di gunakan di dunia karena telah di jadikan sebagai bahasa internasional seperti:

  1. Bahasa Inggris
  2. Bahasa Mandarin
  3. Bahasa Arab
  4. Bahasa Russia
  5. Bahasa Spanyol

Kelima bahasa tersebut pun masuk kedalam bahasa resmi yang di gunakan di DK PBB.

Untuk menjadi ahli di area jasa penerjemah pastinya anda harus mengenyam pendidikan setara S1 jurusan yang berhubungan dengan ilmu bahasa seperti misalnya sastra bahasa Inggris, Perancis dan lain sebagainya.

Sebetulnya kunci untuk dapat mahir dalam berbasa asing itu terletak pada vocabulary saja tapi saya pikir bila kita bergerak dalam bidang jasa penerjemah pastinya berbekal vocabulary saja itu tidak cukup bila tanpa di ikuti pula dengan ilmu lainnya seperti listening (kemampuan mendengar sekaligus menginterspesikan ucapan), speaking (kemampuan untuk berbicara dengan accent yang tepat), writing (yakni kemampuan menulis menggunakan bahasa asing) dan yang terakhir adalah reading (kemampuan membaca).

Cukup sudah kalau kita sudah mengetahui itu semua dan sudah pantas untuk menjadi seorang jasa penerjemah yang bertugas di tempat-tempat wisata yang kebanyakan di datangi oleh wisatawan asing yang juga menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.