Info Tempat Wisata di Bengkulu Untuk Anda

Pantai Pasir Panjang

Info Tempat Wisata di Bengkulu Untuk Anda – Provinsi ini merupakan wilayah penting dibawah kekuasaan Inggris saat masa penjajahan. Bengkulu pun menjadi pusat pemerintahan serta perdagangan di dataran Sumatera. Sejumlah peninggalan Inggris masih dapat ditemukan di sana. Disamping itu, di sana pula Bung Karno diasingkan penjajah Belanda agar tak melanjutkan perjuangannya untuk memerdekakan Indonesia. Selain dari sejarahna yang menarik, Bengkulu juga punya tempat wisata yang tak kala keren, berikut tempat wisata di Bengkulu diantaranya:

Wisata Benteng Marlborough

Benteng MarlboroughBenteng ini merupakan salah satu bukti bila Inggris pernah berkuasa di sana. Bila dahulu digunakan sebagai suatu benteng pertahanan, saat ini benteng tersebut menjadi salah satu kawasan pariwisata di Bengkulu yang banyak sekali dikunjungi.

Di dirikan pada tahun 1713 S.d 1719, Benteng Marlborough dijuluki sebagai benteng pertahanan yang paling kuat kedua yang dipunyai Inggris di kawasan timur. Benteng yang luasnya 240 x 170 meter ini ketika dilihat dari atas bentuknya mirip kura-kura. Ada salah satu jembatan yang menyatukan antara bagian kepala dan juga badan dari kura-kura raksasa itu.

Selain sebagai benteng pertahanan, obyek pariwisata ini dulunya juga dipergunakan sebagai tempat penyimpanan dan juga perdagangan rempah-rempah Pada wilayah timur Indonesia. Didalam benteng, Anda dapat menemukan ruang tawanan, meriamkan, kantor pemerintahan Inggris, gudang senjata, ruang perlindungan dan juga terowongan berukuran 6 x 2 meter.

Wisata Rumah Pengasingan Bung Karno

Rumah Pengasingan Bung KarnoRumah yang ada di jalan Jalan Soekarno-Hatta ini telah menjadi saksi perjuangan dari Bung Karno bersama dengan rakyat Indonesia untuk merebut kemerdekaan. Selama 4 tahun, 1938 s.d 1942, rumah yang berukuran 9 x 18 meter itu menjadi tempat berdiam Bung Karno.

Arsitektur Cina tampak dari bentuk lubang angin juga ornamen khas Tionghoa Pada beberapa bagian rumah. Dulunya rumah ini milik seorang pedagang asal Cina yang kemudian disewa Belanda sebagai lokasi pengasingan Bung Karno.

Disana Anda dapat melihat buku koleksi dari Bung Karno. Ada pula sepeda, meja, bangku, kasur tidur, mesin jahit bahkan ada surat cinta antar Bung Karno dan juga Fatmawati dahulu. Uniknya, dibelakang rumah berada suatu sumur tua yang katanya bisa mengabulkan permohonan bila pengunjung membasuhi wajahnya dengan air dari sumur tersebut.

Wisata Masjid Jami Bengkulu

Masjid Jami BengkuluPada saat diasingkan, Bung Karno jelas tak hanya sibuk pada buku-bukunya dan usaha memerdekakan Indonesia. Bung Karno juga telah meninggalkan jejaknya dalam bentuk Masjid Jamik di Bengkulu.

Bersama warga setempat, Bung Karno membangun kembali suatu masjid tua diujung Jalan Soeprapto di tengah-tengah kota Bengkulu. Buah karyanya yang dapat dilihat adalah dr atap masjid yang berbentuk limas, menggambarkan persatuan kebudayaan di Bengkulu serta di Indonesia.

Tidak cuma itu, ia pun menambahkan sejumlah tiang dengan ukiran yang berwarna emas. Masjid yang sudah menjadi salah satu obyek pariwisata di Bengkulu ini memiliki jarak 1,2 km dengan Benteng Marlborough.

Wisata Museum Negeri Bengkulu

Museum Negeri BengkuluMuseum Negeri ini juga menjadi obyek pariwisata yang tepat untuk Anda yang suka dengan wisata sejarah & budaya. Museum yang berada di Jalan Pembangunan Nomor 8, Padang Harapan ini mempunyai sekitar 6.000 koleksi benda bersejarah yang dibagi menjadi 10 kategori.

Satu dari sekian banyak koleksinya yang telah mendapat perhatian sejumlah pengunjung yaitu mesin cetak uang merah dengan merk Golden Press. Tidak cuma itu, koleksi yang lain adalah 126 macam naskah kuno anonim, lalu kain khas Bengkulu yang di kenal dengan Kain Bersurek, pakaian adat dan juga senjata tradisional.

Obyek pariwisata ini buka tiap hari kecuali hari Senin dan juga hari libur nasional. Mulau dari pukul 08:00 sampai dengan 13:00.

Wisata Pantai Pasir Panjang

Pantai Pasir PanjangPantai Pasir Panjang mempunyai garis pantai yang panjangnya 7 km merupakan suatu pantai dengan garis yang paling panjang di Indonesia. Disana juga tidak ada batu karang yg menghalangi ombaknya. Ada lagi yang menarik adalah Anda tak akan menjumpai pohon kelapa layaknya dibanyak pantai. Di sana, pohon kelapa telah digantikan dengan sederetan pohon cemara dan juga pinus.

Fasilitas yang ada di pantai ini pun termasuk lengkap dari mulai tempat bermain anak, restaurant, toko oleh-oleh sampai dengan penginapan. Obyek pariwisata di Bengkulu ini tersohor dengan pemandangan matahari tenggelamnya yang indah.

Tidak cuma itu saat pagi dan sore, pantai tersebut dipakai menjadi lintasan jogging. Lokasi wisata alam ini berada di kawasan bisnis, membuatnya dekat pada gedung perkantoran dan juga sentral perbelanjaan. Dari kota Bengkulu, Pantai ini bisa ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit berkendara.

Wisata Pantai Tapak Paderi

Pantai Tapak PaderiPantai Tapak Paderi berjarak 100 meter dr Benteng Marlborough. Pantai itu terkenal pada pemandangan matahari terbenamnya nan indah. Tidak sedikit pengunjung yang menikmati momen tersebut dengan pisang bakar, jagung bakar dan juga es kelapa muda.

Pantai ini pun biasa digunakan untuk lokasi Festival Tabot ialah peringatan dari meninggalnya Husein bin Ali bin Abu Thalib, Terdapat banyak pertunjukan seni dan juga perlombaan yang di rayakan pada saat festival.

Tidak cuma itu, digelarnya pula pasar kaget yang menjajakan beraneka kuliner, pakaian dan juga oleh-oleh khas Bengkulu.

Wisata Danau Dendam Tak Sudah

Danau Dendam Tak SudahBanyak orang yang percaya bahwa nama dari Danau ini merupakan nama yang berasal dari suatu legenda. Dulunya, terdapat sepasang kekasih yang tidak direstui oleh orang tuanya masing-masing dan akhirnya mereka memutuskan tuk menenggelamkan diri di Danau ini. Usai sepasang kekasih itu lenyap di Danau ini, hubungan dari kedua keluarga masih juga memburuk. Hal itu yang kemudian menjadikan banyak orang yang menyebutnya dengan Danau Dendam Tak Sudah.

Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan jugamenjadi suatu tempat wisata yang banyak didatangi untuk berekreasi dan penelitian. Di sana, Anda hanya menemukan anggrek langka yakni anggrek pensil. Terdapat banyak warung-warung makan yang bisa Anda singgahi tuk bersantai dan juga mencicipi kuliner khas dari Bengkulu sembari menikmati panorama danau yang indah. Anda pun dapat memancing ditengah danau menyewa rakit nelayan setempat.

Wisata Danau Mas Harun Bastari

Danau Mas Harun BastariDanau Mas Harun Bastari mempunyai suatu pulau yang unik ditengahnya. Danau itu mempunyai sebuah pulau yang bentuknya mirip huruf C. Warga setempat mengatakan jika huruf C tersebut menyimbolkan nama kota Curup. Pada sekitar danau ada kebun sayuran yang dimiliki oleh warga dan juga pepohonan rindang.

Obyek pariwisata ini memiliki fasilitas yang bisa dikatakan lengkap untuk pengunjung dari mulai lahan parkir yang luas, tempat ibadah, toilet, sarana bermain anak, toko oleh-oleh dan tempat makan.

Aktivitas yang dapat Anda lakukan di sana pastinya memancing. Tidak cuma itu, ada pula wahana bermain lain misalnya sepeda air, flying fox lalu berkeliling danau memakai perahu.

Wisata Pulau Tikus

Pulau TikusPulau Tikus adalah tempat wisata laut terfavorit di Bengkulu. Pulau karang yang luasnya 2 hektar itu berada kurang lebih 10 km dari jantung kota Bengkulu.

Bila beruntung, Anda dapat melihat penyu hijau dan juga penyu sisik yang sedang bertelur di malam hari. Di Pulau itu anda bisa melakukan beragam kegiatan seru misalnya diving, snorkeling dan memancing. Di sana, terdapat sebuah mercusuar dan masih berfungsi. Pulau itu menjadi kawasan berlabuh sementara untuk kapal-kapal ketika ada gelombang besar.

Wisata Sungai Air Berau

Sungai Air BerauSungai Berau terletak di Kabupaten Muko-muko Bengkulu. Sungai itu menjadi tempat favorit tuk arung jeram kerna arusnya yang deras. Disamping arung jeram, banyak juga pengunjung yang memancing dan juga menangkap ikan disungai ini.

Bila datang di waktu yang tepat, Anda hanya menyaksikan upacara anak daro mandi ke air merupakan ritual untuk memandikan anak bayi yng baru lahir disungai tersebut. Ada pula lomba dayung sampan yang di selenggarakan Pada hari lahirnya Kabupaten Muko-muko.

Leave a Reply

Your email address will not be published.