Ini Dia Informasi Wisata ke Phuket Thailand

Phuket Beach

Phuket Beach

Tempat wisata yang kebanyakan penduduknya memeluk agama Buddha ini menawarkan panorama alam yang dahsyat dengan air laut yang sejuk dan jernih, menobatkannya menjadi obyek wisata pantai yang sangat terkenal di Asia. Phuket merupakan pulau yang paling besar di wilayah Thailand, namun pulau yang luasnya 576 KM persegi tersebut masih lebih kecil jika dibandingkan dengan Pulau Jawa.

Secara letak geografis, wilayah Phuket sebagian besarnya adalah terdiri dari pegunungan. Wilayah pegunungan ini menutupi kira-kira 75% dari total kawasan pulau tersebut. Kira-kira 65% dari kawasan Phuket merupakan hutan & perkebunan. Dengan iklim yang sama seperti iklim di Indonesia, Phuket memiliki 2 musim, yaitu musim panas serta musim hujan. Kala kita memasuki musim penghujan umumnya terjadi di bulan 5 hingga bulan 10, kemudian musim panas ada di bulan 11 sampai dengan Bulan 4 dengan suhu rata-rata di Phuket ini sekitar 25 derajat Celsius di kala dingin, dan kira-kira 30 derajat Celsius di kala musim panas.

Dari tahun 80an, kawasan ini sudah mulai diproyeksikan menjadi kawasan pariwisata oleh pemerintah Thailand. Hingga masa ini banyak sekali hotel & resort baru terus dibangun di Phuket. Disamping resort & hotel, di Phuket pun ada pula villa & rumah pribadi yg dibangun di pulau yg pernah dinobatkan menjadi salah satu kawasan tujuan retirement yang paling baik. Sekarang ini ada ribuan pensiunan dari beragam negara yang menetap di Phuket.

Cara Pergi Untuk Berwisata ke Phuket Thailand

Untuk pergi ke Phuket, ada 3 cara, yakni mempergunakan transportasi udara, laut, & darat.

  1. Phuket memiliki sebuah bandara yang berada di sebelah utara pulau. Bandara tersebut melayani beragam rute, beberapa diantaranya adalah dari Indonesia langsung ke Phuket. Penerbangan yang berasal dari Indonesia ditangani oleh AirAsia menggunakan rute dari & ke Jakarta, kemudian dari dan ke Bali. Jalur udara umumnya bisa disebut sebagai cara terhemat dan menyenangkan untuk bisa tiba di Phuket dan yang cukup murah jika dibandingkan menggunakan cara lain. Anda dapat memperoleh tiket pesawat yang murah dari Jakarta ke Phuket dengan tarif kira-kira 700,000 Rupiah dengan lama waktu tempuh kira-kira 3 jam.
  2. Transportasi laut pun merupakan salah satu rekomendasi dari saya yang harus anda rasakan untuk pergi ke Phuket karena banyak disukai para traveler. Dengan mempergunakan kapal yang berasal dari daratan utama Thailand, para wisatawan bakal mencapai Phuket dengan waktu kurang lebih 1 jam. Traveling ke Phuket menggunakan kapal biasanya cukup mengasyikan untuk anda yang menyukai menikmati pemandangan laut, tapi dalam kondisi angin kencang, kapal bisa bergoyang cukup keras sehingga membikin sebagian wisatawan jadi mual pusing mabuk lautan.
  3. Jalur darat bisa kita katakan sebagai pilihan lain yang bisa diambil wisatawan untuk pergi ke kawasan wisata ini. Umumnya jalur ini tidak diminati karena membutuhkan waktu yang lumayan lama. Wisatawan dapat mempergunakan bus yang berangkat dari terminal di Bangkok hingga tibad di terminal yang terdapat di kota Phuket. Traveling menggunakan bus tersebut akan membutuhkan waktu sekitar 16 jam sehingga disamping menghabiskan waktu, pun akan amat meletihkan.

Phuket bisa kita katakan sebagai satu pulau yang sangat besar hingga kita akan memerlukan transportasi yang nyaman di kala kita sudah sampai di Phuket. Alat angkutan umum yang terdapat di Phuket sangat sedikit, sehingga kita akan banyak mempergunakan taksi. Ada Empat jenis taksi di kawasan ini:

  • Tuk-tuk: Alat transportasi khas Thailand, tapi di Phuket tuk-tuk memiliki Empat roda, tak seperti di Bangkok yang memiliki Tiga roda.
  • Taksi meter: Taksi khusus menggunakan mobil sedan, memakai meteran tuk menentukan harga
  • Taksi tak resmi: Alat transportasi biasa yang dipakai untuk membawa penumpang
  • Taksi motor: Taksi yg mempergunakan sepeda motor

Sangat dianjurkan untuk mempergunakan taksi meter sebab selain nyaman & aman, harga sewanya pun tidak mahal. Tapi, taksi meter kerap kali sukar didapat jika anda tidak membooking sebelumnya. Disamping itu di musim liburan yg ramai, beberapa taksi meter akan memilih tuk tak mempergunakan meteran. Rekomendasi dari saya, ingatlah nomor telepon agen jasa taksi meter sebab anda akan memerlukannya kelak.

Tuktuk Phuket

Tuk-tuk pada dasarnya adalah kendaraan yang khas dan tak dapat dijumpai di negara lain, tapi mereka tidak mempergunakan meteran tuk menentukan tarif perjalanan. Acap kali harga naik tuk-tuk jauh lebih tinggi daripada harga taksi meter. Saya anjurkan agar anda menghindari memakai tuk-tuk sebab disamping kurang nyaman, harga sewanya pun mahal dan kata penduduk lokal, tuk-tuk dikendalikan oleh mafia-mafia Thailand. Bila anda harus naik tuk-tuk, tawarlah harganya sebelum naik alat transportasi tersebut.

Taksi tak resmi merupakan kendaraan biasa yang dipakai warga Phuket untuk membawa penumpang. Taksi tipe ini tak mempergunakan meteran, melainkan mempergunakan harga yang bisa dinegosiasi sebelumnya. Sering sekali tarif yang ditawarkan sangat mahal, malah lebih mahal dibanding menggunakan tuk-tuk, tapi kendaraan yang di pakai biasanya lebih enak dibandingkan tuk-tuk.

Taksi motor ialah angkutan umum paling murah yang terdapat di Phuket. Taksi motor dapat dibedakan menjadi motor biasa caranya adalah anda melihat supirnya. Pengendara taksi motor umumnya memakai jaket dan rompi yang memiliki angka. Tipe transportasi tersebut kurang direkomendasikan untuk anda gunakan jika menempuh perjalanan yang tidak dekat karena tidak nyaman. Tapi, apabila anda cuma mau melakukan perjalanan pendek didalam kota menggunkan taksi motor adalah pilihan yang sangat cocok.

Tidak cuma itu, anda pun dapat memilih merental alat transportasi lalu menyetir sendiri. Bila anda mau menyewa kendaraan, rekomendasi saya ialah harap anda hindari kendaraan berjenis jip. Kebiasaan berkendaraan masyarakat setempat juga sangat jelek, tidak sedikit dari mereka yg melanggar aturan lalu lintas, oleh sebab itu waspadalah selama ada di jalan Phuket ini.

Daftar Nama-nama Tempat Wisata di Phuket Thailand

  1. Patong Beach: adalah pantai yang landai yang ombaknya luamayan besar. Pantai tersebut adalah pantai sangat populer di Phuket yang mempunyai suasana yang tidak ada bedanya dengan Pantai Kuta Bali. Di kiri kanan pantai tersebut dibangun sejumlah hotel yang penuh dengan pengunjung wisata.
  2. Kamala Beach: Suasan di Pantai ini cendrung agak sepi dibandingkan dengan suasana di Patong Beach. Garis pantai tak sepanjang Patong Beach, banyaknya hotel disini & pengunjung wisatanya pun amat sedikit.
  3. Bang La Road: ini saya pikir merupakan surganya para penggemar jalan kaki karena pada malam hari cuma dikhususkan tuk para pejalan kaki saja. Tempat ini adalah sentra kehidupan malam di Phuket. Disediakan pula toko-toko cinderamata di pinggiran jalan ini.
  4. Phuket Island Safari: lokasi wisata dimana para wisata bisa melihat atraksi hewan asli Thailand. Anda bisa naik gajah dan menyaksikan atraksi hewan di sana.
  5. Simon Cabaret Show: Adalah show yang amat populer di Phuket, menyajikan banyak laki-laki yang telah didandani layaknya wanita.
  6. The Big Buddha: ialah sebuah patung Buddha besar yang terdapat di bukit yang paling tinggi di Phuket.
  7. Wat Chalong: Kuil bersejarah dengan gaya arsitek fantastis.
  8. Phuket Old Town: Bangunan tua khas bangunan tempo dahulu.
  9. Phuket FantaSea: tempat atraksi adat istiadat Thailand.
  10. Phuket Butterfly Garden & Insect World: adalah sebuah museum & kawasan penangkaran kupu-kupu & serangga lainnya.
  11. Phuket Aquarium: Ini yang disebut dengan akuarium besar tempat menyaksikan kehidupan laut khas pulau Phuket Thailand.
  12. Crocodile Farm: Kawasan menonton ratusan buaya hidup.
  13. Phuket Fishing Park: Lokasi mancing beragam ikan air tawar raksasa.
  14. Prom Thep Cape: lokasi ideal dan khas dimana para wisatawan datang untuk melihat pemandangan yg eksotis.
  15. Siam Safari Nature Tours: Menjelajah hutan naik gajah.
  16. Central Festival: Mall yg menyuguhkan produk terkenal, ada di kota Phuket.
  17. Jungceylon: Mall yang ada di Patong Beach, central shoping bernuansa glamor.

1 thought on “Ini Dia Informasi Wisata ke Phuket Thailand

Leave a Reply

Your email address will not be published.