Inilah Sejarah Pulau Seribu dan Pariwisatanya

Pantai Gosong Pulau Seribu

Kepulauan Seribu menyimpan tidak sedikit keelokan pemandangan alam pantainya dan telah dikenal ke sejumlah daerah melalui wisatawan yang berwisata ke sana. Dibalik keelokannya tersebut jarang yang tahu tentang sejarah & cerita yang beredar di sekitar kepulauan seribu ini. Dimasa terbentuknya gugusan Kepulauan Seribu merupakan sebuah pulau terumbu karang yg akhirnya ber-evolusi dari koral serta biota yg lainnya semacam malusho, foraminifera, & algae menggunakan bantuan proses natural yg terus berdinamika hingga menghasilkan beberapa pulau indah & sejumlah pulau kecil tak layak huni lainnya. Pulau seribu akhirnya tambah populer.

Histori dan Potensi Pariwisata Kepulauan Seribu

Pantai Gosong Pulau Seribu

Kepulauan seribu adalah nama lain dari Pulau Seribu terdapat di teluk Jakata didalam Laut Jawa yg terhimpun dari beragam pulau. Dengan keunikan yang sangat baik maka bupati membuat suatu pengembangan di kepulauan ini tuk menjadi lokasi wisata yang mengasyikan untuk semua masyarakat. Dengan demikian maka potensi pariwisata akan makin meningkat yang pstinya bisa meningkatkan mutu kehidupan penduduk dengan meningkatkan standard ekonomi yang terdapat di daerah sekitar kepulauan tersebut. Potensi pariwisata yang ada di Kepulauan seribu yakni adanya peningkatan sumber daya alam dibidang perikanan dengan menjalankan pelestarian ekosistem terumbu karang dan tetumbuhan mangrove.

Histori dari Kepulauan Seribu itu sendiri dahulu dijadikan sebagai jantung pertahanan pula oleh para penjajah saat menjajah Indonesia. Di pulau ini terdapat kuburan Habib Al yang syahid di Pulau Panggang kemudian terdapat juga gedung peninggalan Asisten Resident Duizen Eilanden yg juga terdapat di Pulau Panggang. Tidak cuma itu saja, karena terdapat kuburan legenda Darah Putih, Kuburan Syarif Maulana Syarifudin, & Sultan Mahmud Zakaria. Berdasarkan jumlah data yang tersedia, total jumlah pulau yang ada di Kepulauan Seribu tidak lebih dari 342 buah pulau saja dan itupun termasuk pula sejumlah pulau gundukan pasir maupun terumbu karang yang totalnya ada sekitar 157 pulau. Semua Kepulauan yang terdapat disana ada yang dijadikan sebagai kawasan pariwisata tapi ada pulau yang dijadikan sebagai tempat tinggal warga, tempat pengembangbiakan dan pelestarian, riset dan lain sebagainya.

Sejarah yang sebetulnya tentang kepulauan seribu itu pun tidak sama satu sama lainnya sebab ada pula yang sudah mencampurkan dengan legenda & cerita rakyat disana. Tapi yang pasti lantaran adanya peninggalan sejarah serta legenda ditempat ini kian membuat potensi wisata yang ada didalamnya menjadi lebih mengemuka dan tambah dikenal dengan luas bahkan sampai ke luar negeri yg mampu mengundang wisatawan dari mancanegara yang mau melihat keindahan pulau seribu. Dan yang lebih penting dari itu semua adalah bahwa Pulau2 yang terdapat di kepulauan Seribu sebagian besarnya mempunyai peninggalan sejarah yang sangat berharga dan mencerminkan bagaimana perkembangan sejarah daripada Indonesia itu sendiri dari waktu ke waktu.

Yang mau untuk berlibur ataupun menghabiskan liburan sekolah bersama-sama dengan sanak family maka tiada salahnya untuk berkunjung ke sejumlah pulau di kepulauan Seribu dan menikmati beragam fasilitas yang tersedia. Sejarah dari Pulau Seribu merupakan suatu knowledge dan satu kebanggaan tersendiri buat seluruh masyarakat termasuk wisatawan Indonesia yang layak untuk menghormati dan selalu mengenang sejarahnya. Disamping Pulau ini, Indonesia masih mempunyai beberapa pulau yg lainnya yang tak kalah unik dan pesonanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.