Taman Mini Indonesia Biar Jadul Tapi Oke Lho!

tmii - blog wisata

tmii - blog wisata

Taman Mini Indonesia Indah atau TMII merupakan salah satu obyek wisata yang berada di Jakarta Timur. Di dirikan seluas 150 Hektar, TMII juga salah satu taman wisata termegah di Indonesia.

TMII Memiliki miniatur kepulauan Indonesia dari Sabang hingga Merauke. Bukan itu saja, masih ada banyak sekali kebudayaan unik tiap daerah di Indonesia yang dipamerkan, dari mulai tarian daerah, pakaian2 adat, rumah ibadah setiap agama yang ada di Indonesia, beraneka museum dan masih banyak lagi.

Tujuan pembangunan dimulai dari pertemuan dirumah Soeharto, mantan Presiden Indonesia. Dijalan Cendana No 8, Jakarta, pada tgl 13 Maret 1970. Pada pertemuan itu, Siti Hartinah yng dipanggil Ibu Tien adalah mantan istri Soeharto ia mengusulkan untuk dibangunnya satu lokasi yang berisi semua wisata budaya yang ada di indonesia guna membangkitkan rasa bangga rakyat Indonesia kepada Budaya Nusantara.

Lantas dimulailah pembangunan miniatur Indonesia bertema Indonesia Indah dibawah Yayasan Harapan Indah. Dimulailah pembangunan pada thn 1972 serta tgl 20 April 1975, Taman Mini Indonesia Indah resmi dibuka. Di thn 1991, dibangun maskot tuk tempat wisata ini berbentuk tokoh wayang Hanoman yng bernama NITRA ‘Anjani Putra’.

Di sana, Kalian dapat memuaskan diri tuk melihat beragam kebudayaan setiap provinsi yang ada di Indonesia pada satu lokasi. beriku inilah wahana2 menarik di TMII:

Anjungan Daerah

Pada Anjungan Daerah, Kalian dapat melihat kebudayaan di 34 provinsi di Indonesia. Di tiap provinsi mempunyai anjungan yang memampang rumah adat, pakaian2 tradisional, busana adat pernikahan,dan juga senjata khas asal daerah.

Pada tiap anjungan berada panggung guna menampilkan pertunjukan Tarian2 tradisional, upacara adat serta penampilan musik khas daerah itu sendiri. Pertunjukan budaya tersebut biasa ditampilkan di hari Minggu.

Di beberapa anjungan pun disediakan kafetaria yang menyuguhkan makanan khas masing2 daerah. Ada juga suvenir yang menjual beraneka macam suvenir dari kerajinan tangan setiap daerah, pakaian Tradisional hingga aksesoris yang khas dr setiap daerah.

Pada thn 1975 sampai 2000, Anjungan Daerah terdiri dari miniatur kebudayaan dr 27 Provinsi. Sampai di thn 2002, ketika Timor Timur lepas dr Indonesia, anjungannya berganti nama jadi Musium Timor Timur. Disamping itu, dengan bertambahnya provinsi menjadi 34 Provinsi, didirikan juga anjungan baru untuk Banten, Bangka Belitung, Papua Barat, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo & Kepulauan Riau. Walaupun anjungan2 itu berukuran lebih kecil dibandingkan anjungan lain yang sudah didirikan sebelumnya.

Tersedia Rumah Ibadah disetiap Agama di Indonesia dan masih aktif dipakai di TMII :

  • Masjid Pangeran Diponegoro
  • Gereja Katolik Santa Catharina
  • Gereja Protestan Haleluya
  • Pura Panataran Agung Kertabumi
  • Vihara Arya Dwipa Arama
  • Kuil Konghucu Kong Miao
  • Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa

Istana Anak Indonesia

Wahana ini adalah wahana yang di gemari anak-anak2 saat mereka mengunjungi TMII. Di sana, mereka bisa menyimak dongeng2 dunia serta berbagai cerita rakyat.

Kereta gantung dapat dipakai sebagai transportasi di TMII. Dengan memakai kereta gantung ini Kalian juga dapat melihat wilayah TMII dari atas dgn leluasa. Biaya yang dikenakan 35.000 Rupiah 1 orang.

Perahu angsa

Perahu angsa dipakai untuk menelusuri miniatur pulau2 dan berkeliling danau. Biaya yang dikenakan 7.500 Rupiah 1 orang.

Snow Bay

Snow Bay adalah kolam renang & wahana bermain air di TMII.

Pusat Peragaan IPTEK

Di Taman Mini Indonesia Indah, Kalian dapat melihat berbagai karya IPTEK dan juga mengerjakan simulasi. Biaya tiket masuk adalah 17.000 Rupiah 1 orang.

Museum Indonesia

Bangunan museum itu terdiri dari 3 lantai dihiasi pahat – pahatan kisah Ramayana di dindingnya. Pada museum itu, Kalian akkhirnya menyaksikan berbagai gambaran budaya Tradisional dari transportasi ditiap wilayah dr masa ke masa & kebudayaan adat daerah.

Museum Keprajuritan

Pada museum ini, Kalian dapat melihat bagaimana para pejuang indonesia dengan merebut kemerdekaan. Bangunan2 museum dihiasi dengan kolam yang menceritakan pertahanan Indonesia dgn mengandalkan kekuatan Pada luasnya perairan Negara Indonesia.

Museum Pusaka

Museum ini terdapat beragam pusaka dan senjata dr berbagai daerah . Tidak cuma itu, Kalian juga dapat menyaksikan kegiatan perawatan pusaka.

Museum Listrik dan Energi Baru

Pada museum ini, Kalian dapat melihat seberapa pentingnya mengefisienkan energi listrik & menggunakan dengan seperlunya, guna mencegah Pemanasan Global.

Museum Telekomunikasi

yang unik dari museum ini ialah kubah berwarna biru serta adanya patung Gajah Mada kala tengah mengucapkan Sumpah Palapa. Patung Gajah Mada digunakan sebab nama satelit telekomunikasi yng dimiliki Indonesia yaitu Palapa, serupa dengan Sumpah yang sudah diucapkan Gajah Mada.

Museum Olahraga

Museum ini mempunyai bangunan khas berbentuk Bola. Didalamnya, Kalian akan memperoleh banyak informasi tentang pentingnya olahraga untuk kesehatan jasmani & rohani .

Museum Asmat

Persis dengan namanya, museum itu memperlihatkan koleksi hasil kerajinan & karya seni dr suku Papua.

Museum Serangga

Kalian dapat melihat kurang lebih 260.000 spesies serangga. Yang menarik yaitu jenis kupu-kupunya yang beraneka warna

Teater IMAX Keong Mas

Teater ini mempunyai layar berukuran lebih besar dr layar2 di antara teater pada biasanya. Di sana, diputar film2 tentang lingkungan & kebudayaan Indonesia, disamping itu ada juga pemutaran film2 box office.

Teater 4 Dimensi

Teater 4 dimensi bisa membuat penonton merasakan kejadian yang ada di film dengan efek 4 dimensi tersebut.

Di Taman Mini Indonesia Indah juga tersedia paket wisata mengelilingi TMII. Kegiatan ini pastinya dapat menghemat waktu & uang Kalian. Terdapat beberapa pilihan paket pariwisata yang dapat disesuaikan dengan keperluan Kalian. Tidak cuma itu, untuk peserta yang mendaftar secara rombongan mendapatkan diskon .

Wisata kuliner

Setelah menjelajah, tentunya Kalian harus beristirahat & mengisi perut. Di TMII, terdapat beberapa tempat yang bisa Kalian pilih:

Cafetaria

Sebagian Anjungan Daerah menyuguhkan kuliner cirikhas daerah masing2. Kalian dapat memanfaatkannya untuk bersantai .

Pasar Tiban

Pasar Tiban mempunyai arti pasar murah. Pada pasar ini tersedia berbagai outlet penjual makanan dgn biaya terjangkau. Ada bermacam-macam kuliner khas nusantara yang disuguhkan misalnya Gudeg, Pecel lele, bajigur, siomay dan lain-lain.

Akomodasi

Jika kalian mau menginap, tersedia beberapa penginapan yang dapat Kalian pilih:

Desa Wisata

Desa Wisata adalah penginapan yg terletak di kawasan TMII. Penginapan tersebut menawarkan nuansa khas pedesaan nan asri & sejuk. Tidak cuma kamar, tersedia juga berbagai fasilitas pelengkap seperti jogging track, panggung terbuka, cafe serta lapangan Bola voli.

Graha Wisata Remaja

Graha Wisata Remaja terletak di kawasan TMII. Homestay ini terdiri dari 3 lantai dgn 44 ruangan tersedia. Biaya yang ditawarkan relatif sedikit murah dengan fasilitas pelengkap seperti tempat olahraga Tenis Meja. Letaknya strategis sebab berada tidak jauh dr stasiun kereta Gantung, Water Park dan berbagai museum di TMII

Biaya tiket masuk & parkir TMII

Pengunjung: 12.000 Rupiah 1 orang
Sepeda: 1.500 Rupiah
Sepeda motor: 7.500 Rupiah
Mobil: 15.000 Rupiah
Bus atau Truk: 35.000 Rupiah
Anda diwajibkan membayar lagi guna mengunjungi setiap wahana yang terdapat di dalam wilayah TMII

Jam buka TMII

All day : 07:30 – 21:30

Leave a Reply

Your email address will not be published.