Wisata Bandung: Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Kota Bandung kerap menjadi pilihan utama untuk berekreasi bagi masyarakat Jakarta. Tak semata-mata dekat & sejuk, Bandung pun memiliki sejumlah pilihan wisata yang mengagumkan sehingga tak sedikit masyarakat Jakarta datang berkali-kali untuk berekreasi di kota ini.

Saung Angklung Udjo

Saung Angklung Udjo

Bagi Kalian yang mau berwisata ke tempat yang unik, spesial, menghibur serta mendidik. Anda harus mencoba berkunjung ke Saung Angklung Udjo. Tempat ini merupakan sentral pelestarian dan tempat hiburan khas tradisional budaya yg berlokasi di Bandung. Untuk orang tua, Kalian bisa mengenang masa lalu bermain angklung di sini. lalu untuk anak – anak, mereka bisa belajar mengetahui kebudayaan Indonesia yg sudah langka dijumpai di kota-kota besar.

Disamping kunjungan wisata seni & budaya, Saung Angklung Udjo juga hampir sering mendapat kunjungan belajar dari sekolah yg mau mempelajari kebudayaan tradisional asal jawa barat ini. Saung Angklung Udjo pun memikat perhatian jagat internasional sehingga banyak sekali wisatawan asing yg berlibur mengunjungi untuk merasakan alunan angklung yang elok serta menyejukkan hati.

Saung Angklung Udjo didirikan di tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena atau yang populer dipanggil Mang Udjo berdua dengan istrinya, Uum Sumiati, yang bertujuan melestarikan seni & budaya tradisional jawa barat khususnya sunda.

Udjo Ngalagena dikenal sebagai seorang seniman angklung yg berasa dr jawa barat. lahir pada tanggal 5 Maret 1929, Udjo adalah putra keenam dari perkawinan Wiranta & Imi. Udjo telah mengenal kesenian angklung dgn akrab semenjak umur Empat tahun jadi tidak heran kalau Udjo luar biasa mencintai kesenian ini hingga akhirnya membangun Saung Angklung Udjo.

Disamping angklung, Udjo Ngalagena juga menekuni kesenian bela diri tradisional yakni pencak silat, gamelan, kecapi & juga berbagai lagu daerah yang berbahasa Indonesia dan Belanda. Maka dari itu Saung Angklung Udjo tdk hanya menyajikan pergelaran angklung, tapi juga beragam jenis kesenian khas Jawa Barat.

Meninggalnya Udjo Ngalagena pd tanggal 03 Mei 2001, Saung Angklung Udjo masih dilanjutkan oleh putra – putri Udjo sehingga Saung Angklung udjo selalu ramai dgn wisatawan yang ingin menikmati keindahan kesenian tradisional jawa barat ini.

Pagelaran seni ditampilkan setiap hari, mulai jam 15.30 sampai dgn jam 17.30. Pertunjukan tersebut tak hanya memperlihatkan permainan Angklung saja, tapi juga menampilkan beragam tarian tradisional & wayang golek.

Pertunjukkan kesenian tidak terbatas hanya di tempat Saung Angklung Udjo, tetapi juga dapat tampil melalui undangan di Beberapa tempat. Selain itu Saung Angklung Udjo pun menjual beragam alat musik bambu tradisional antara lain angklung, calung, arumba, dll.

Acara yang bisa Kalian lihat di Saung Angklung Udjo diantaranya:

  1. Demonstrasi wayang golek: pertunjukan sandiwara boneka kayu asal Sunda yg menyerupai badan manusia lengkap dgn pakainnya. Setiap pertunjukan wayang golek pasti ada pesan moralnya.
  2. Helaran: Helaran umumnya dimainkan pada upacara khitanan serta upacara panen padi. Karena bermaksud untuk menghibur serta bersyukur kepada Tuhan, musiknya yg bersifat semangat & riang. Angklung yg digunakan untuk Helaran yakni angklung yang bernada pentatonis.
  3. Tari Topeng: Seni tari khas Cirebon yg ditarikan oleh perempuan. Pertama mereka akan menari tidak memakai topeng. Alkisah pembawa informasi dari Majapahit tengah menyelidiki situasi Kerajaan Blambangan. Lalu mereka mulai menari menggunakan topeng dgn maksud si pembawa berita menyamar sebagai seorang pria gagah yang melawan Prabu Menakjingga. Topeng berwarna merah menggambarkan watak yang tempramental.
  4. Angklung Orkestra: Angklung bukan hanya digunakan untuk mengiringi lagu Sunda saja. Pada angklung orkestra ini, akan memainkan beragam jenis lagu, mulai dari lagu anak – anak, lagu dangdut serta lagu yang populer di Indonesia.
  5. Main angklung: wisatawan juga dikasih kesempatan memainkan angklung. Anak bimbingan Saung Angklung Udjo akan meminjamkan angklung dgn beberapa nomor. Dengan arahan & instruksi dari Saung Angklung Udjo, dengan waktu yang sangat singkat, penonton akan memainkan berbagai lagu dgn angklung tersebut.
  6. Menari bersama: Di penghujung acara, anak-anak yg bergabung dgn Saung Angklung Udjo akan melibatkan wisatawan agar menari & bernyanyi bersama-sama.

Banyaknya berbagai Fasilitas yg ada di Saung Angklung Udjo dapat membuat Anda serta keluarga nyaman berada di sini. Penasaran? ini dia fasilitas yang tersedia :

  1. Tempat berkumpul yang digunakan untuk pagelaran seni. Terdapat panggung untuk karawistan serta bangku yang terbuat dr kayu.
  2. Di sini Kalian bisa bersantai sekaligus menikmati suasana yang asri.
  3. Kalian bisa melihat & belajar bagaimana membuat angklung .
  4. Kalian juga bisa memesan berbagai macam makanan khas Sunda dgn harga yang terjangkau.

Dimana kalian bisa menemukan Saung Angklung Udjo?

Saung Angklung Udjo berlokasi di Jalan Padasuka No 118, tak jauh dari sentral kota Bandung. Agar bisa tiba disana memakai kendaraan pribadi tidaklah sulit. Jika Kalian dari Jakarta, maka Kalian perlu keluar dari tol pasteur kemudian lurus terus dan naik fly over ke jl surapati dan jalan ph. Hasan mustapa Lalu Kalian akan menemui arah petunjuk jalan ke Saung Angklung Udjo di ujung Jalan Padasuka. Kalian hanya perlu belok mengikuti papan petunjuk tersebut dan tidak jauh dari petunjuk tersebut sudah terlihat banyak bambu yang didepan Saung Angklung Udjo .

Jika memakai angkot, dari Surapati, naik angkot nomor 06 rute Cicaheum – Ciroyom (arah Cicaheum) lalu turun di perempatan Padasuka, dari sini Kalian bisa berjalan kaki sekitar 500m bisa juga naik ojek menuju Saung Angklung Udjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.