Wisata Gunung Rinjani – Lombok NTB

pemandangan Wisata Gunung Rinjani - Lombok NTB

pemandangan Wisata Gunung Rinjani - Lombok NTB

Gunung Rinjani yang letaknya ada di Lombok Utara pastinya bukan sebuah nama yang asing lagi bagi anda bukan?. Gunung Rinjani yang ketinggiannya mencapai 3,700 m diatas permukaan laut merupakan gunung berapi yang paling tinggi kedua di Indonesia dan bisa disebut sebagai rajanya wisata pegunungan di Pulau Lombok.

Gunung Rinjani memiliki pemandangan alam yang cukup eksotis jika dibandingkan dengan sejumlah gunung-gunung lainnya yang ada di Indonesia, malah keeksotisannya disebut-sebut menjadi yang paling eksotis tidak cuma di Indonesia, tetapi juga di Asia. Karena pemandangan alamnya yang keren itulah maka tidak heran bila Gunung Rinjani menjadi gunung kesukaan para pendaki gunung yang umumnya terdiri dari mahasiswa, pecinta alam, wisatawan lokal, sampai wisatawan mancanegara.

Bulan Juli & Agustus merupakan waktu yang mana Gunung Rinjani paling banyak dijelajahi turis. Para pendaki gunung semuanya memiliki tujuan tuk mencapai puncak Gunung Rinjani disamping untuk melihat panorama pemandangan kota Lombok melalui puncak Gunung Rinjani para pendaki pun ingin mendapatkan kebanggaan tersendiri karena sudah berhasil menaklukan gunung berapi ke-2 yang paling tinggi di Indonesia itu.

Tiap tahunnya, banyaknya pendaki Gunung Rinjani makin bertambah & sebagian besar pendaki itu adalah mahasiswa pecinta alam yang datang dari sejumlah daerah di Indonesia. Hal yg paling sering mereka lakukan ialah merayakan hari kemerdekaan RI di atas Gunung Rinjani di bulan Agustus. Tapi perlu diingat jika di bulan Agustus banyak sekali terjadi angin kencang di atas gunung Rinjani ini.

Selain pemandangan alam yang tidak ada taranya, Gunung Rinjani juga memiliki keunikan lainnya yakni flora dan faunanya yang terdiri dari beragam-ragam flora dan fauna yang jumlahnya mungkin lebih dari 5000 species.

Wisata Gunung Rinjani - Lombok NTB

Saat mendaki Gunung Rinjani, anda bakal menyaksikan betapa kayanya Gunung Rinjani ini karena diSstiap 1,000 m pendakian anda bakal melihat spesies flora yang beda, contohnya di ketinggian 2,000 m anda akan menjumpai tidak sedikit cemara gunung, dan di ketinggian 3,000 m anda akan menyaksikan banyak bunga edelweiss yang tumbuh di seantero perlintasan anda.

Untuk fauna yang bisa anda jumpai diantaranya misalnya kira-kira 100 spesies burung yg berbeda-beda, landak, rusa, monyet perak, monyet ekor panjang, dan fauna lainnya. Kadangkala binatang yang Terdapat di Gunung Rinjani, khususnya monyet ekor panjang suka membikin onar. Kenakalan monyet ini misalnya adalah mereka masuk kedalam tenda para pendaki gunung kemudian mereka mencuri makanan yang disimpan didalam tenda.

Suhu udara di Gunung Rinjani sangat dingin sekali, kalau tidak salah suhu normal di Gunung Rinjani mencapai 20 derajat Celsius sedangkan suhu terdingin di gunung Rinjani bisa mencapai 9 derajat Celsius hingga anda harus membawa jaket tebal atau pakaian yang dapat di fungsikan untuk menahan rasa dingin tersebut.

Dibalik keeksotisan Gunung Rinjani tentu saja ada resiko yang harus di antisipasikan oleh semua orang yang mendaki Gunung Rinjani. Hingga sekarang ini, Gunung yang sangat terkenal di Lombok sebagai gunung yang paling sering meminta korban para pendakinya. Oleh sebab itu anda pun wajib untuk extra waspada ketika sedang mendaki Gunung Rinjani ini. Kecelakaan pada saat mendaki di Gunung Rinjani umumnya terjadi akibat cuaca buruk yang datang mendadak, mengakibatkan para pendaki tersesat hingga saat ditemukan pendaki tersebut sudah meninggal .

Karena resikonya yang cukup besar, saya menyarankan agar anda selalu disiplin untuk mentaati peraturan atau pendakian anda harus ditemani pemandu agar tidak tersasar. Biasanya tersedia sejumlah paket tour ke Gunung Rinjani, mulai dari paket untuk amatir, paket professional, sampai paket yang cuma separuh jalan saja. Dengan memakai program wisata ini, anda akan secure dari bahaya tersasar, disamping itu, pada umumnya paket tur itu pun memberikan jasa pembawa barang serta meminjamkan peralatan kemping semacam tenda, peralatan masak, dan seterusnya hingga anda cuma perlu datang ke Gunung Rinjani tanpa harus lelah-lelah membawa barang-barang anda yang biasanya dimasukan kedalam ransel karena disini ada layanan pembawa barang yang cukup terpercaya..

Pada umumnya untuk bisa mencapai puncak, pendaki akan memakan waktu Dua malam untuk pendaki yang sudah berpengalaman, kemudian Tiga malam untuk pendaki amatir. Oleh sebab itu anda musti bersiap membawa perbekalan yang cukup serta peralatan yang lengkap untuk menaklukan gunung Rinjani ini.

Bila anda menggunakan paket tur, tentu saja sebetulnya sudah komplit peralatan yang musti dibawa, tapi anda tetap wajib membawa peralatan seperti yang saya tuliskan dibawah ini sebab kemungkinan barang-barang tersebut tak disediakan oleh pihak biro tur:

  • Obat pribadi
  • alat bantu pribadi
  • pakaian
  • selimut
  • dst

Jika anda eorang yang memiliki masalah pada pernafasan anda atau anda yang memiliki riwayat punya penyakit jantung, hipertensi, epilepsi, maupun penyakit berbahaya yang lain, maka anda sangat tidak disarankan untuk nekad mau mendaki Gunung Rinjani ini.

Untuk melihat salah satu obyek wisata pegunungan di Lombok yang sangat populer ini, sebetulnya tidak dibutuhkan alat-alat yg ribet-ribet. Karena saya pikir apa yang diperlukan untuk menjawab chalange daripada Gunung Rinjani ini ialah kesabaran, semangat, dan kekuatan fisik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.