Wisata Pantai Klayar – Pacitan Jawa Timur

karang Pantai Klayar

Pantai Klayar tak lain dan tak bukan ialah merupakan sebuah pantai yang persisnya terdapat di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pacitan ini adalah tanah kelahiran Presiden ke 5 dan ke 6 kita yakni bapak Susilo Bambang Yudhoyono. Pantai Klayar yang masih belum banyak diketahui wisatawan luas tapi sebenarnya wisata Pantai klayar ini menyuguhkan lingkungan yang alami karena belum banyak diutak-atik manusia. Lebih dari itu kawasan wisata ini pun belum memperoleh perhatian khusus dari pemerintahan setempat untuk pengembangan obyek wisata yang lebih resmi lagi, hingga keadaan fasilitas dan panorama pantai disini masih benar-benar sangat original.

Wisata Pantai Klayar – Pacitan Jawa Timur

Pantai Klayar

Apa yang di tawarkan oleh obyek wisata Pantai Klayar Pacitan ini memang tiada duanya, silahkan anda bayangkan dimana ada sebuah pantai yang luas kemudian di kombinasikan dengan pasir putih yang lembut, ombak yang tak terlalu tinggi, airnya sangat jernih, terdapat sejumlah karang-karang besr yang berkarakter, ada pula wisata air mancur alami, latar gambar yang bagus berupa tebing karang bolong, air terjun yang berasal dari pegunungan yang langsung ke laut di lengkapi pula dengan karang yang bisa mengeluarkan nada seruling laut yang mungkin tidak anda temui di tempat wisata lainnya. Lantaran pesona alam yang tidak ada duanya itu, tidak sedikit orang yang memberikan testimonial jika pantai ini lebih istimewa dibanding Pantai Pasir Perawan Pulau Pari atau pemandangan pantai Pulau Tidung yang selama ini dianggap sebagai pantai paling tercantik di Jakarta.

Lantaran belum di publikasikan dengan luas, Wisata Pantai Klayar tergolong sepi pengunjungnya. Andaikata anda datang di hari biasa, bisa jadi anda cuma menyaksikan lebih banyak nelayan dibanding wisatawan. Pantai ini cuma ramai dikunjungi wisatawan hanya pada waktu musim liburan atau saat weekend saja, tapi bila hari lebaran tiba tidak kurang 1000 orang wisatawan datang menikmati keindahan pantai Klayar ini.

Selain berjalan di pinggir pantai, wisatawan pun dapat mendaki bebukitan yang terdapat di sebelah barat wisata Pantai Klayar, lalu kemudian melihat keindahan panorama lautan lepas, dan kondisi alam di sekeliling Pantai Klayar. Di bagian timur, anda bisa menjumpai air mancur alami yang bersumber dari lubang yang ada di dalam bebatuan karang yang terterjang ombak laut. Air mancur yang muncul secara alami itu semburannya bisa melebihi ketinggian lebih dari 9 meter, bergantung dari kuatnya ombak yang menerjang karang. Tidak cuma itu saja lho, sebab air mancur itu pun mengeluarkan suara yang sangat unik yang persis menyerupai dengan suara siulan hingga dijuluki seruling laut. Penduduk setempat pun percaya bila air yg dikeluarkan batu karang itu dapat membikin kita tak pernah tua alias awet muda.

Banyak orang yang berkata bila Pantai Klayar yang sedang kita bicarakan ini kurang pas untuk berenang sebab ombaknya yg besar, tapi pantai ini relatif cocok untuk dirasakan suasana alamnya serta keindahannya. Bagi anda yang gemar berfoto-foto, pantai ini amat sempurna untuk anda sebab terdapat sejumlah titik-titik indah untuk dijadikan sebagai tempat untuk berphoto bersama keluarga saat berwisata ke Pantai Klayar. Untuk memperoleh foto yang keren pun tak sulit lantaran pantai ini terbilang sepi. Penggemar olahraga selancar air pun pasti menyukai pantai ini lantaran ombaknya yang gede.

Dimanakah Lokasi Pantai Klayar Pacitan Ini?

suling Pantai Klayar

Untuk pergi ke Pantai Klayar, anda tidak bisa naik kendaraan umum sebab sekarang ini belum banyak terdapat alat transportasi umum yang lewat secara rutin. Harus diingat yakni jalan menuju ke Pantai Klayar merupakan jalanan yang tidak lebar, banyak lobang, dan dalam keadaan tidak baik, anda musti berhati-hati saat menempuh perjalanan agar tiba dengan selamat. Disamping itu anda pun akan melewati jalanan yang naik turun & berliku-liku di dekat tebing, amat disarankan untuk tak mengendarai kendaraan dengan tergesa-gesa karena cukup bahaya. Bus berukuran yang besar pun dipastikan tidak bisa melewati belokan-belokan tajam yang terdapat di lokasi wisata pantai Klayar Pacitan ini.

Jika anda berasal dari Yogya maka waktu tempuh dari situ ialah kira-kira 120 KM & akan membutuhkan waktu perjalanan hinga 3 jam memakai trekk dari Yogyakart ke Wonosari lalu Wonogiri dan berakhir diPacitan, tapi bila anda sudah berada di kota Pacitan maka untuk berwisata ke Pantai Klayar jaraknya adalah sekitar 42 KM, atau kira-kira Satu jam perjalanan menggunakan kendaraan roda empat.

Bila anda lihat dari peta maka anda akan melihat sebagian besar kawasan Pacitan termasuk berupa pegununganam kapur, maka tidak heran bila Pacitan tidak cocok tuk menanam padi. Oleh karenanya bila anda tak melihat ada pohon padi atau sawah di kiri-kanan jalan kearah Pantai Klayar, anda tak usah bingung. Umumnya penduduk Pacitan lebih suka dengan menanam singkong lantaran kondisi tanah yang ada disini.

Informasi Tentang Obyek Wisata Pantai Klayar Pacitan

Bagi yang tertarik untuk berwisata ke Pantaou Kleyer Pacitan sebaiknya anda mengukuti sejumlah panduan wisata dibawah ini:

  • Mutu signal cell phone di daerah wisata ini tidak baik karenanya siapkanlah alternatif lainnya
  • Sudah dibangun sejumlah tempat menginap bertipe homestay dengan tarif sektiar 100rb per kamar.
  • Ada cafe yang menyuguhkan mie ayam, bakso sapi, soto daging khas pacitan, dan makanan lainnya.
  • Harga karcis masuk ke tempat wisata pantai Klayar saat ini adalah Rp2rb Rupiah, harga belum includ tarif parkir kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.