Wisata Pulau Perhentian – Malaysia

Pulau Perhentian

Pulau Perhentian

Biarpun kurang terkenal untuk para traveler yang berasal dari Indonesia namun untuk para traveler dari Malaysia, Pulau Perhentian adalah pulau wisata yang dikenal akan kemolekannya. Pulau yang bisa dikatakan sebagai bagian dari kawasan Terengganu, Malaysia ini dibagi menjadi 2 buah bagian, yakni Pulau Perhentian Besar & Pulau Perhentian Kecil. Ke-2 pulau ini merupakan bagian tempat traveling di Malaysia yang sangat favorit dan banyak dijelajahi wisatawan sebab pasir pantainya yang berwarna putih, air laut yang bersih laykanya kristal, dan sederetan pohon nyiur yang bergoyang terhempas angin.

Asal muasal julukan Pulau Perhentian ialah dari peran utama pulau ini di masa yang lalu, yaitu sebagai kawasan perhentian serta peristirahatan para penangkap ikan yang mencari ikan di Laut Cina Selatan. Disamping berhenti dan beristirahat, banyak dari nelayan-nelayan itu yang memakai pulau ini menjadi tempat untuk mencari perlindungan dari cuaca jelek sekaligus tempat untuk membetulkan perahu yang rusak. Dimasa kini, Pulau Perhentian pun tetap berfungsi sebagaimana dengan namanya yakni sebagai kawasan perhentian para traveler yang ingin melihat pariwisata bahari Malaysia.

Khusus untuk anda yang menyukai suasana pantai, tak ada salahnya sekali-kali berkunjung ke Pulau Perhentian untuk menikmati kehidupan pantai yang baru. Tak ada bedanya dengan lokasi wisata bahari lainnya pulau ini pun mirip dengan wisata khas pantai semisal berenang, scuba diving, menyelam, berperahu, sofa boat, dayung, dan wisata air yang lain. Sayangnya, para wisatawan dilarang untuk memancing di pulau ini hal itu disebabkan lantaran pulau yang memiliki jarak sekitar 22 KM dari bibir pantai Terengganu ini adalah wilayah yang dilindungi kelestariannya. Selain itu anda pun tidak diperkenankan membawa pulang terumbu karang apalagi merusaknya termasuk pula setiap traveler yang datang ke pulau ini sama sekali dilarang untuk membuang sampah secara sembarang karena bisa merusak lingkungan.

perhentian-besar

Suasana pemandangan alam bawah laut di Pulau Perhentian menyuguhkan pemandangan berupa beragam terumbu karang dan binatang laut yang beraneka ragam, contohnya kura-kura, ubur-ubur, ikan karang, serta hiu kecil. Di sekeliling bibir pantai, banyak tersedia beraneka jenis ikan-ikan kecil yang bisa anda lihat tanpa musti menyelam lantaran air laut di pulau ini yang amat jernih. Disamping pesona bawah laut, pulau itu juga memiliki hutan tropik yang asri. Hutan ini tak mempunyai jalan raya, hingga anda musti melewati jalur yang dibuat hanya untuk para pejalan kaki umpama ingin melihat-lihat hutan tersebut.

Pulau yang berada pada ketinggian kira-kira lebih dari 100 meter di atas permukaan laut tersebut memiliki sejumlah resort yang tertebar di sejumlah tempat. Tak ada resort dan gedung yang memiliki lebih dari Dua tingkatan lantai di dalam pulau tersebut, kecuali menara komunikasi. Tapi sebagian besar dari resort disana memilih untuk tidak buka di saat musim hujan datang. Oleh sebab itu bila anda ingin traveling ke Pulau Perhentian seharusnya memilih waktu dibulan selain musim penghujan. Saran saya, berkunjunglah kira-kira bulan April hingga September, sebab di bulan-bulan tersebut, banyak penyu pergi ke pantai pulau ini buat berkembang biak sehingga anda akan bisa melihat sejumlah penyu yang ada di habitat aslinya, sebuah suasana dan pengalaman sangat istimewa.

Wisata Pulau Perhentian Kecil

Di dalam Pulau Perhentian Kecil, ada satu buah desa. Desa tersebut merupakan perkampungan penduduk asli Pulau Perhentian. Umumnya penduduk pulau ini cuma pergi ke Pulau Perhentian Besar untuk melakukan usaha wisata atau resort saja, tapi tetap menetap di pulau ini. Pulau ini demikian cocok untuk wisatawan yang mau berhemat, atau yang berlibur ala backpacker sebab di sini anda dapat menjumpai banyak tempat menginap serta tempat makan yang harganya cukup terjangkau.

Wisata Pulau Perhentian Besar

Tiada satupun desa yang Terdapat di Pulau Perhentian Besar. Pulau ini memiliki garis pantai yang sedikit panjang, lebih luas sekaligus pasir yg lebih halus jika di kompare dengan Pulau Perhentian Kecil. Pulau ini menjanjikan fasilitas yang lebih bagus dari Pulau Perhentian Kecil, tapi tentu saja tarifnya juga setingkat lebih mahal.

Cara Berwisata ke Pulau Perhentian

Untuk bisa pergi ke Pulau Perhentian, anda musti berangkat melewati Pelabuhan Kuala Besut. Dari pelabuhan ini, anda dapat menggunakan kapal cepat, ataupun kapal nelayan jika ingin mengirit. Selain itu, anda pun dapat pergi ke Pulau Perhentian melalui Kompleks Perikanan Tok Bali. Musti diingat jika cuaca sangat bisa mempengaruhi pada traveling lewat laut, oleh karenanya perjalanan anda bisa dipending atau dicancel bila cuaca sedang buruk.

Sebagian besar pengunjung akan pilih untuk menggunakan pesawat melewati Kuala Lumpur ke Kota Bharu dengan memakai maskapai Air Asia, bakal memakan waktu sekitar Satu jam. Lalu dari Kota Bharu memakai kendaraan pergi ke Pelabuhan Kuala Besut, menghabiskan waktu kira2 1,5 jam. Dari Dermaga Kuala Besut memakai kapal ke Pulau Perhentian, akan membutuhkan waktu kira-kira 2 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.