Wisata Pulau Redang – Malaysia

Redang-Island

pulau-redang

Pulau Redang tak lain dan tak bukan ialah merupakan sebuah pulau yang berada di Laut China Selatan dan bisa disebut sebagai salahsatu bagian dari taman laut Terengganu, Malaysia. Pulau Redang adalah yang paling besar dan terkenal di bagian timur Malaysia, membuatnya menjadi salah satu lokasi wisata di Malaysia yang terkenal tidak cuma bagi penduduk Malaysia, namun pula bagi masyarakat Indonesia. Selain menjadi tempat wisata termashur di Malaysia, Pulau Redang pun bertindak sebagai kawasan pemeliharaan & perlindungan penyu yg sangat berharga mengingat penyu sisik merupakan hewan purba. Selain di Pulau Redang anda pun bisa melihat penangkaran penyu sisik di Pulau Pramuka.

Pulau Redang ngetop karena air lautnya yang bening, pantainya yang warnanya berwarna putih, dan ikan-ikan tropika yang mendiami karang-karang di gugusan pulau. Iklim tropik dengan suhu dalam kisaran sekitar 32 derajat Celsius pun menjadi salah satu daya pikat tersendiri bagi traveler yang bosan dengan musim dingin atau salju yang kerap dijumpai di tiap negaranya masing-masing.

Menurut saya Pulau Redang itu merupakan tempat wisata di Malaysia yang ideal untuk mereka yang datang dari kalangan orang-orang kaya saja sebab hampir seluruh tempat menginap di tempat wisata ini ialah berupa penginapan bergaya resort yang harga sewanya sedikit lebih mahal. Karena hal itulah, andaikata anda berwisata di saat selain musim liburan, jangan kaget bila anda berwisata ke pantai yang fantastis namun tak ada banyak pengunjungnya.

Aktivitas pariwisata yang sangat banyak di sukai di Pulau Redang ialah aktivitas snorkeling hal itu disebabkan lantaran karang koral di sekeliling pulau ini benar-benar sangat indah, bahkan cuma dalam jarak 1 atau 2 meter dari pantai saja para wisatawan sudah dapat menyaksikan ikan-ikan tropis berlenggak-lenggok diantara bebatuan karang. Airnya yang tidak bergelombang dan sejuk menambah rasa nyaman saat kita bersnorkeling membuat anda bakal betah berlama-lama berada di bawah air. Tidak cuma di sekitar pulau saja yang bagus pemandangannya karena tersedia juga sejumlah paket-paket pariwisata yang bisa anda beli untuk melakukan snorkeling di pulau-pulau lainnya yang letaknya masih berdekatan dengan Pulau Redang yang juga menurut saya pemandangnnya tidak kalah indahnya.

Disamping snorkeling, ada pula wisatawan yang melakukan scuba diving yang juga merupakan salah satu aktivitas wisata yang paling banyak di minati di Pulau Redang. Dengan airnya yang bersih, anda mampu melihat dengan luas panorama bawah laut yang amat menggetarkan. Beberapa spot diving terdapat di sekitar Pulau Redang membuat semua penyelam yang belum mahir snorkeling pun dapat berpartisipasi didalam wisata snorkeling ini. Untuk yang mau belajar scuba diving, disana pun disediakan banyak layanan belajar snorkeling. Hampir semua resort yang ada di sini memiliki sarana divingnya sendiri. Bila anda mau membuat foto di dalam air, anda bisa menggunakan atau merental kamera khusus untuk mengambil gambar saat anda menyelam dengan biaya 30 RMRm perhari, atau sekitar Rp100rb perhari.

Aktivitas wisata lainnya yang dapat dilaksanakan di Pulau Redang yang harus anda ketahui adalah misalnya: main voli pantai, main kayak, main kano, main perahu, jungle trekking maupun trekking kedalam hutan, main golf, mengail, dan lain-lain. Hal yang harus dicermati adalah kawasan ini adalah kawasan perlindungan satwa, hingga anda tidak diperkenankan bermain jet ski atau mengail ikan di sekitar pulau. Tapi, anda boleh menyewa bot untuk pergi mengail di dekat-dekat pulau, sebab larangan mengail hanya untuk jarak 4 KM dari bibir pantai Pulau Redang.

Cara Pergi Berwisata ke Pulau Redang:

  1. Berwisata ke Pulau Redang menggunakan kapal
  2. Berwisata ke Pulau Redang Menggunakan pesawat terbang

Berwisata Pulau Redang dengan memakai kapal merupakan cara yang paling banyak dikerjakan oleh para traveler. Umumnya biaya antar jemput kapal telah includ dalam harga paket yang dijual oleh management resort di Pulau Redang. Bila anda tidak memakai transportasi laut dari resort, anda bisa pergi dari Tanjung Merang dengan biaya karcis kapal 40 RM, atau kira-kira 137rb tuk sekali trip. Perjalanan ini akan menghabiskan waktu kurang lebih 50 menit.

snorkeling di pulau redang

Di bulan Maret hingga dengan Oktober, disediakan kapal yang mengangkut penumpang ke Pulau Redang melewati Kuala Terengganu. Traveling dari Kuala Terengganu akan menghabiskan waktu kira-kira 1 jam 10 menit saja dengan tarif karcis kapal 100 RM, atau kira-kira 345rb untuk perjalanan PP.

Selain naik kapal, anda pun bisa memakai cara yg lebih modern untuk pergi ke Pulau Redang, yakni dengan cara naik pesawat terbang. Penerbangan yang tersedia disaba adalah air line punya Berjaya Air yg melayani penerbangan ke Pulau Tioman & Pulau Redang, dengan biaya tiket lebih kurang 250 RM atau kira-kira 850rb melalui Kuala Lumpur, kemudian kira-kira 350 RM atau sekitar 1,2jt jika melalui Singapura.

Hal Yang Harus Anda Ketahui di Pulau Redang:

  • Tidak terdapat mesin ATM dan bank di Pulau Redang jadi siapkan uang cash
  • Beberapa toko sudah closed sebelum jam 12 malam
  • Jangan kasih makan monyet kalau tidak mau di ganggu monyet terus
  • Air kran di Pulau Redang ini rasanya payau dan tak bisa dikonsumsi

Leave a Reply

Your email address will not be published.