Wisata Pulau Tidung – Wisata Kepulauan Seribu

Pulau Tidung - Pulau Seribu

tamu wisata pulau tidung - blog wisata

Bila Anda menetap di daerah Jakarta atau daerah yang ada di sekitarnya, obyek wisata di Pulau Tidung pastinya tidak terlalu jauh, ya. Tidak ada yang salah menikmati liburan akhir pekan dengan nuansa yang beda. Bila biasanya Anda menghabiskan liburan akhir pekan cuma jalan-jalan ke pusat perbelanjaan saja, coba sekali-kali menyeberang dengan kapal ferry yang berangkat dari Pelabuhan Muara Angke maupun dengan mempergunakan speedboat yang berangkat dari Marina, Ancol berwisata ke Pulau Tidung.

Saat anda sudah tiba di lokasi wisata favorite anak muda Jakarta ini, bersiaplah untuk terkagum-kagum melihat keeksotisan pulau yang luasnya 109 hektar itu. Pulau Tidung sendiri terbagi jadi dua pulau, yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Dua bagian pulau tersebut dihubungkan menggunakan sebuah jembatan yang cukup terkenal yang bernama jembatan cinta Pulau Tidung alias “The Love Bridge Tidung Island”

Pulau Tidung Besar dijadikan sebagai kawasan pemukiman penduduk. Penduduk di sini banyak yang bekerja sebagai nelayan, tour guide maupun pengelolah tempat menginap. Karena menjadi lokasi tempat tinggal, di Pulau Tidung Besar telah dibangun banyak sekali fasilitas sosial dan fasilitas umum semacam sekolah, Puskesmas, cafe, tempat ibadah, kantor polisi dan juga kantor lurah kelurahan setempat. Jumlah penduduk di pulau ini termasuk pulau yang memiliki jumlah penduduk yang paling besar di antara sejumlah pulau yang terletak didalam kawasan Taman Nasional Pulau Seribu.

Kemudian bila anda dengan sengaja anda pergi ke Pulau Tidung Kecil, Anda dapat menikmati panorama pemandangan alam yang dahsyat. Tidak sama dengan Pulau Tidung Besar yg didiami oleh banyak penduduk, Pulau Tidung Kecil ini sama sekali tidak ada penduduknya. Tapi karena itulah maka sebagian besar pengunjung terutama sekali para backapcker lebih suka berwisata ke Pulau Tidung kecil dibandingkan dengan ke Pulau Tidung besar karena suasana di Pulau Tidung yang tenang bisa dengan cepat walau sesaat melupakan aktivitas harian Anda selama berada di Jakarta yang sangat menjemukan itu. Di Pulau Tidung kecil ini sengaja dijadikan oleh penduduk Pulau Tidung sebagai tempat untuk perkebunan atau pengembangbiakan sejumlah tanaman bakau yang tujuannya adalah untuk mengurangi terjadinya abrasi pantai. Di Pulau Tidung pun tidak ada ombak yang tinggi so kenyataan ini relatif bisa membikin Anda tak perlu takut terserat ombak sewaktu sedangn berenang.

Renang di lautan di Pulau Tidung adalah kegiatan wisata yang sangat banyak peminatnya tapi selain berenang, di Pulau Tidung ini masih terdapat sejumlah kegiatan yang tidak kalah menariknya lho! Banyak sekali yang dapat Anda lakukan di pulau wisata ini yang akan saya sampaikan nanti. Karena merupakan tempat pariwisata andalan, di Pulau Tidung banyak di bangun sejumlah sarana infrastruktur penunjang kegiatan pariwisata terutama sekali sarang pendukung yang umumnya di buat untuk mendukung kegiatan wisata bahari. Beberapa diantaranya adalah permainan kano, penyewaan jetski, naik permainan banana boat atau donut boat juga terdapat permainan seru lainnya semacam out bound dan airsoft gun game. Tapi terlepas dari semua itu bahwa kegiatan wisata yang menjadi favorit di pulau wisata ini tentu saja kegiatan snorkeling, memancing dan memanggang ikan.

Berenang dan snorkeling di pantai di tempat Pulau Tidung ini akan menjadi cerita yang takkan terlupakan mungkin sepanjang hidup anda. Perairan Pulau Tidung ini tergolong perairan yang cukup kaya dengan biota laut yang beraneka ragam. Jika anda ke Pulau Tidung maka sempatkanlah waktu untuk snorkeling, jika Anda melakukan maka anda dapat berinteraksi langsung dengan ikan-ikan lucu beraneka warna yang berlenggak-lenggok dengan lincah diantara kisi-kisi sempit terumbu krang. Kemudian di sekelilingnya terdapat ratusan species rumput dan tanaman laut yang bentuknya sangat eksotis.

Snorkeling di lokasi wisata ini tidak kalah menariknya dengan anda snorkeling di lokasi kepulauan lainnya seperti ke Raja Ampat, Bunaken atau pulau lainnya. Bila yang belum bisa berenang tapi mau melakukan snorkeling Anda tak perlu takut karena sudah ada tour guide yang memiliki keahlian berenang dan menyelam yang mendampingi, mengajari atau hanya sekedar untuk memberikan anda sebuah pengalaman snorkeling sekali dalam seumur hidup. Anda pun tak musti repot-repot membeli atau membawa peralatan snorkeling sendiri dari rumah karena disini di sediakan tempat menyewa peralatan snorkeling yang harga sewanya sangat murah yakni cuma Rp40.000 saja. Atau andai anda berwisata ke Pulau Tidung menggunakan paket wisata ke Pulau Tidung yang disediakan para biro travel maka biasanya alat snorkeling sudah disiapkannya karena harga paket sudah termasuk dengan menyewa alat snorkeling. Tapi bila anda pergi ke Pulau Tidung secara backpacker saya pikir selain meyewa alat snorkeling Anda pun bisa menggunakan jasa tour guide dengan biaya Rp400.000 perhari. Si pemberi jasa tour guide itu akan menemani anda selama berada di Pulau Tidung (seolah-olah ada asisten pribadi yang membantu anda).

Mengeksplor setiap jengkal kawasan wisata Pulau Tidung dari ujung ke ujung pun dapat menjadi aktivitas wisata yang cukup menyenangkan. Anda dapat berjalan kaki mengeksplor pemukiman warga untuk berinteraksi dengan penduduk setempat atau berkunjung ke pantainya. Jika tak suka berjalan kaki karena alasan malas tentunya itu bukan masalah besar sebab anda bisa menyewa sepeda santai karena di lokasi wisata Pulau Tidung ini sudah banyak tersedia tempat-tempat untuk menyewa sepeda dengan tarif tidak lebih dari Rp45.000 perhari. Atau anda bisa naik bentor yakni becak bermotor yang harganya jauh lebih mahal untuk sekali trip yakni dalam kisaran antara Rp40.000 hingga Rp70.000 biaya naik bentor di Pulau Tidung. Selain menyewa sepeda santau dan naik bentor khusus yang ingin menjelajah Pulau Tidung melalui jalur laut anda bisa menyewa kapal nelayan setempat sekaligus dengan nakhodanya dengan biaya 500.000 Rupiah per hari. Dengan kapal tersebut, Anda dapat mengarung lautan ke Pulau-pulau yang dekat dengan Pulau Tidung atau bisa pula mengail di laut lepas.

Waktu yang paling baik untuk berwisata ke kawasan wisata ini ialah diantara bulan April hingga bulan Oktober karena dibulan itulah keadaan cuaca sedang bagus (tidak sedang musim hujan yang biasanya bisa membuat gelombang lautan ke arah Pulau Tidung menjadi tinggi). Satu lagi yang musti diingat ialah di kawasan wisata ini hanya ada satu buah mesin ATM. Jadi saya sarankan Anda siapkan uang dengan jumlah yang pantas.

Paket Wisata ke Pulau Tidung

Tidak sedikit wisatawan yang ingin berwisata ke Pulau Tidung dengan cara backpacker tapi sangat saya anjurkan agar anda tidak melakukannya keculi pada hari dan bulan tertentu saja. Mengapa? jawabannya adalah bila kebetulan sedang musim liburan maka akan sulit sekali mencari penginapan di Pulau Tidung dan tidak ada hotel ataupun resort di Pulau Tidung. Kondisi system pembayaran transportasi sekarang ini anda harus membeli karcis kapal dulu sebelum naik ke kapal dan biasanya karcis naik kapal ke Pulau Tidung sudah ludes di beli para biro travel.

Lebih untuk menggunakan biro travel karena anda bisa menekan harga membeli paket wisata ke Pulau Tidung ini. Karena itu cari dan pilihlah agency biro travel ke Pulau Tidung yang sedang promo atau biro travel yang resmi semacam biro travel ke Pulau Tidung dari Pulau Seribu Traveling yang terbukti sebagai agen biro travel di Pulau Tidung yang besar dan memberikan harga paket wisata yang sangat murah. Harga murah bukan berarti pelayanannya buruk tapi murah karena biro wisata ini memiliki peralatan dan sarana penunjang wisata sendiri jadi mereka tidak membebankan biaya sewa ini itu (seperti sewa sepeda, sewa homestay, sewa alat dan kapal snorkeling kepada wisatawan).

Demikian saran saya untuk yang mau berwisata ke Pulau Tidung sebaiknya membeli paket wisata, jika harga paket wisata ke Pulau Tidung terasa mahal anda bisa melakukan negosiasi dan kalau sabar anda pasti aka mendapatkan harga paket wisata ke Pulau Tidung yang murah.

Pusat Kegiatan Wisata di Pulau Tidung

Jembatan Cinta

Sejak pertama kali dibukanya tempat wisata di Pulau Tidung ini Jembatan Cinta telah menjadi suatu ikon di Pulau Tidung. Jembatan yang panjangnya 900 meter yang mengkoneksikan antara Pulau Tidung Besar & Pulau Tidung Kecil itu menjadi satu dari sekian banyak spot wisata terfavorit para traveler yang berwisata ke kawasan wisata ini. Menjelang sore hari, Jembatan Cinta disesaki orang-orang yang ingin melihat momen matahari terbenam bercitarasa Pulau Tidung yang terkenal bagus itu.

Jembatan tersebut pun menjadi area anak-anak pengunjung wisata bermain dan tempat ‘terjun bebas’ dari atas jembatan cintau yang tingginya mencapi lebih dari 6 meter. Anda bisa mencoba yang satu itu yakni nyebur meloncat dan tak usah takut karena ketakutan itu disebabkan oleh belum biasa atau belum pernah mencobanya seperti yang bocah-bocah warga di Pulau Tidung yang mungkin sudah biasa karena setiap saat bisa melakukan atraksi secara rutin. Cobalah untuk terjun menggunakan beraneka gaya lalu berenang dengan senang. kalau kebetulan anda membawa handycam anda bisa mengabadikan “kegilaan” itu untuk di upload di Youtube. Terjun daripada jembatan ini pun menjadi asal muasal nama Jembatan Cinta. Ada sebuah mitos yang berkembang yang katanya bila mau cepat mendapatkan jodoh Anda dapat mencoba terjun & berenang di pulau wisata ini. Dan bagi yang sudah mempunyai pasangan, terjun berduaan dari atas jembatan cinta Pulau Tidung akan membikin hubungan asmara awet dan makin tak dapat terpisahkan oleh apapun kecuali atas izin Tuhan 🙂

Ulas Sedikit Tentang Sejarah Pulau Tidung

Tidung yang ada didalam bahasa setempat mempunyai arti ‘berlindung’ hal tersebut dikarenakan menurut sejarah pulau ini digunankan sebagai tempat persembunyian dari kekejaman para perompak di zaman dahulu. Disamping itu, Pulau Tidung jadi tempat perancangan strategi perang ketika armada Fatahillah menyerang Batavia.

Menurut penduduk setempat, Pulau Tidung sudah menjadi tempat tinggal leluhur mereka semenjak tahun 1800an, pastinya sesaat setelah meletusnya Gunung Krakatau. Leluhur mereka kebanyakan bekerja menjadi nelayan, profesi ini menjadi profesi turun temurun hingga sekarang tapi seiring berjalannya waktu kemudian para nelayan di Pulau Tidung merubah haluan menjadi agent biro wisata travel yang menjual paket wisata ke Pulau tidung. Penduduk mulai berganti profesi menjadi pemandu wisata dan menyiapkan tempat menginap untuk wisatawan yang berwisata.

Akomodasi di Pulau Tidung

gambar-penginapan-di-pulau-tidungSeperti yang sudah saya bilang diatas bila anda travel ke Pulau Tidung maka anda tidak akan menemukan apa itu yang disebut dengan hotel, resort atau cottage Pulau Tidung. Walau begitu jangan surutkan niat anda untuk travel kesini karena untuk urusan akomodasi selama travel ke Pulau Tidung, Anda dapat tidur rumah-rumah warga yang disulap menjadi tempat menginap yang disebut dengan homestay.

Kebanyakan tempat menginap sudah dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang sangat baik seperti misalnya: pendingin udara, kamar mandi, kamar untuk tidur yang lengkap dengan kasur pegas, ades galon dan lain sebaginya sehingga Anda tak musti khawatir bisa merasa tidak nyaman karena hawa panas, tidak nyaman, banyak nyamuk dst. Disamping itu, banyak homestay juga yang menjual paket makan dengan harga tertentu, Anda dapat memperoleh jatah makan 3x dalam sehari.

Jalanan yang ada di pulau ini tidaklah besar dan sering membuat pengunjung wisata sedikit kebingungan ketika ingin balik ke penginapan. Untuk itu, saya sarankan Anda mencatat nama pengelola dan nomor rumah tempat menginap Anda, hingga Anda dapat bertanya arah kepada penduduk bila tersesat karena lupa.

Oleh-oleh Khas Pulau Tidung

Untuk oleh-oleh, Anda dapat membeli bermacam-macam makanan ringan khas Pulau Tidung dan hanya anda temukan di Pulau Tidung saja seperti misalnya: kerupuk ikan butek, keriki sukun asin, pedas dan manis, manisan rumput laut, dodok otak-otak dan masuh banyak lagi makanan/jajanan oleh-oleh khas Pulau Tidung.

Biro Travel Pulau Tidung Yang di Rekomendasikan

Karena saat ini banyak sekali biro-biro travel wisata ke Pulau Tidung yang pastinya bisa membuat anda bingung untuk menentukan mana biro travel di Pulau Tidung yang terbaik. Maka saya rekomendasikan anda untuk memilih salahsatu biro travel wisata Pulau Tidung dibawah ini.

PulauSeribuTraveling.co.id

Biro travel ini termasuk biro travel yang sudah lama ada dan memberikan jasa travel tour guide di Pulau Tidung. Harga paket wisata yang diberikannya pun cendrung lebih murah dibandingkan dengan harga paket-paket wisata dari biro travel lainnya.

PulauTidung-Indonesia.com

Biro travel yang inipun patut untuk anda pertimbangkan sebagai pemandu wisata anda di Pulau Tidung. Harga paket wisata yang ditawarkannya relatif murah dan terdapat sejumlah pilihan paket wisata yang terdiri dari sejumlah fasilitas yang dapat anda pilih sesuai dengan ketersediaan biaya wisata.

PulauTidungPaket.com

Khusus untuk yang mau berangkat wisata secara rombongan ke Pulau Tidung sebaiknya membeli paket wisata dari biro travel ini karena harga, fasilitas dan pilihan fitur wisata semuanya anda yang atur mirip sekali dengan membeli gado-gado.

Leave a Reply

Your email address will not be published.