Wisata Pulau Tioman – Malaysia

Wisata Pulau Tioman - Malaysia

Wisata Pulau Tioman - Malaysia

Apakah kalian pernah dengar nama satu pulau yang dinamakan dengan Pulau Tioman? bila belum maka akan saya beri tahu, Pulau Tioman adalah suatu pulau yang letaknya di dalam area Laut China Selatan serta merupakan obyek wisata di Malaysia yang dikenal indah dan komplit dengan beragam macam fasilitas penunjang kegiatan pariwisata. Panjang Pulau Tioman sekitar 38 KM dan lebar kira-kira 13 KM, dengan separuh besar wilayahnya dipenuhi oleh hutan yang warnanya hijau alami dan lebat.

Di Pulau itu terdapat Delapan buah desa, dengan desa pertama yang paling besar dan paling padat bernama Kampung Tekek yang terletak di sebelah utara pulau. Selain daratannya yang sangat dipenuhi belantara hutan, lautan di sekitar pulau itu pun dihiasi batu karang yang eksotis, maka tidak heran bila sejumlah penggemar wisata snorkeling menyempatkan diri untuk berwisata ke obyek wisata ini untuk snorkeling dan diving.

Karena keelokannya, Pulau ini kerap kali dipakai menjadi lokasi pengambilan gambar film, malah pulau ini pun pernah terpilih untuk menjadi pulau yang terindah di dunia di tahun 70an.

Legenda Wisata Pulau Tioman Malaysia

Wisata Pulau Tioman - Malaysia 3

Menurut legenda disana, Pulau Tioman adalah sebuah lokasi peristirahatan putri naga yang tengah mengembara dan berasal dari daratan China ke Singapura untuk berkunjung ke istana pangeran naga. Tapi karena putri naga ini merasa nyaman dan senang singgah di lokasi ini, maka selanjutnya putri naga itu pun memutuskan tuk menghentikan perjalanannya yang hingga kemudian berubah menjadi suatu pulau untuk menyuguhkan tempat wisata yang nyaman untuk siapapun yang melintas.

Pulau yang persisnya terdapat di pesisir timur Malaysia yang sedang kita bahas ini dahulunya digunakan oleh para penangkap ikan menjadi tempat peristirahatan & tempat menambah perbekalan mencari ikan. Kini, pulau ini makin banyak didatangi wisatawan karena mudah dikunjungi oleh wisatawan. Wisata Pulau Tioman ini pun memiliki beragam pilihan, fasilitasnya yang komplit, dan keeksotisan alamnya yang menggetarkan.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan ketika berwisata di Pulau Tioman yang harus anda ketahui ialah:

  • diving
  • Snorkling
  • Climbing
  • Waterfall
  • Main golf
  • Spa
  • trekking
  • Shopping di Kampung Tekek
  • Meresapi indahnya pemandangan pantai

Cara Pergi Untuk Berwisata ke Pulau Tioman

Wisata Pulau Tioman - Malaysia 2

Untuk anda yang ingin berwisata dan berlibur ke Pulau Tioman ini bisa menggunakan sejumlah pilihan alat transportasi yang ada misalnya:

  1. Pesawat
  2. Kapal ferry

Wisata ke Pulau Tioman Menggunakan Pesawat Terbang

Dengan dibangunnya satu bandara di Pulau Tioman, kalian dapat berwisata ke pulau ini dengan memakai pesawat terbang. Salah satu pesawat terbang yg beroperasi di pulau ini ialah Berjaya Air. Anda bisa terbang ke Pulau ini dengan memakai Berjaya Air melewati Singapura kemudian ke Kuala Lumpur.

Tarif tiket pesawat Berjaya Air dari Singapura ialah kira-kira 242 RM, atau kira-kira 850rb Rupiah. Namun tarif tiket Berjaya Air melalui dari Kuala Lumpur sedikit lumayan lebih murah dibandingkan dari Singapore, yakni kira-kira 215 RM, atau kira-kira 750 Rupiah. Lama traveling dari Singapore ialah 36 menit, dan 1 jam jika melalui Kuala Lumpur. Berjaya Air mempergunakan pesawat yang berisi sekitar untuk 48 penumpang, dengan maksimal penyimpanan barang hingga 10Kg per penumpang.

Wisata ke Pulau Tioman Menggunakan Kapal Ferry

Sebagian besar wisatawan berwisata ke Pulau Tioman dengan mempergunakan kapal ferry yang berangkat dari Mersing, satu kota di sebelah timur Malaysia. Dari dermaga Mersing kearah Pulau ini akan menghabiskan waktu kira-kira 3 jam mempergunakan kapal. Tarif tiket kapal ferry itu ialah 35 RM, atau sekitar 121rb Rupiah.

Musti diingat bahwa jadwal berangkat kapal ferry sangat terpengaruh oleh cuaca, hingga bisa saja jadwal berangkat di pending, atau bahkan di cancel karena cuaca jelek. Di musim hujan biasanya jumlah kapal ferry yang beroprasi bisa jauh lebih sedikit, malah kadang tak ada yang mengangkut penumpang barang satu kapal pun karena alasan cuaca ekstrim yang sekiranya bisa membahayakan penumpang.

Tips Sebelum Berwisata ke Pulau Tioman

  1. Waspadalah dengan karang pada kala anda melakukan snorkeling, sebab bila tergores karang yang kotor dan mengandung kuman hal itu bisa menyebabkan anda terkena infeksi
  2. Biarkan monyet yang merampas makanan karena bila anda menahannya ada kemungkinan anda akan diserangnya
  3. Untuk bisa masuk kedalam kawasan Pulau Tioman, anda wajib membayar biaya retribusi yang harganya saat ini 5 RM atau kalau di rupiahkan harga karcis masuk ke Pulau Tioman adalah sekitar 17rb Rupiah, yang biasanya dilunasi sebelum naik kapal ferry
  4. Harga jajanan di Mersing lebih terjangkau dibanding harga jajanan yang terdapat di tempat wisata Pulau Tioman, meskipun barangnya sama tapi harganya dapat lebih mahal 2 x lipat

1 thought on “Wisata Pulau Tioman – Malaysia

Leave a Reply

Your email address will not be published.