Wisata Tanah Lot – Bali

Tanah Lot

Tanah Lot

Banyak lokasi wisata di Pulau Bali yang semuanya bagus, mana yang paling bagus diantara semua lokasi wiasata itu? Menjawab pertanyaan tersebut tentunya rumit, ya. Bali sekonyong-konyong mempunyai magnet kuat dengan daya pikatnya yang tidak ada habisnya. Keindahan alam khusus pantainya sudah tidak perlu saya jelaskan lagi. Pulau ini pun mendapat julukan Pulau Seribu Pura lantaran kuatnya pengaruh agama Hindu di pulau itu.

Kini, bagaimana bila keelokan pantai di Bali digabungkan dengan pura sebagai tempat ibadah pemeluk agama Hindu? Jawabannya ialah datangi saja Tanah Lot. Tanah Lot adalah tempat pariwisata religi dengan pemandangan pantai yang eksotis. Terdiri dari 2 pura yang masing2 terletak diatas bongkahan batu karang & tebing yang manghadap ke laut, Tanah Lot terlihat manis bersahaja.

Ular Tanah Lot

Wisata Tanah Lot

Yang dikatakan dengan Pura Tanah Lot ialah pura yang ada diatas bongkahan batu karang di tengah-tengah pantai. Pura ini adalah tempat pemujaan kepada dewa laut, hal ini juga yang membikin pura ini di bangun di lokasi yang sangat tidak jauh dengan laut. Traveler tidak diperkenankan masuk ke dalam bangunan pura untuk mempertahankan kesucian & kesakralan area ibadah ini.

Saat air naik, Anda dapat melihat Pura Tanah Lot seakan-akan mengapung diatas laut. Lain ketika air sedang laut surut, dibawah pura ada lubang-lubang yang kecil semacam gua yang dihuni sejumlah ular ekor pipih yang berwarna hitam berbelang kuning. Katanya, ular ini ialah pengawal pura dan mempunyai racun 3 kali lebih berbisa daripada ular kobra. Ular-ular tersebut relatif jinak dan tidak menyerang kecuali bila di usik.

Wisata Tanah Lot Bali

Karakteristik lain dari pada Tanah Lot ini ialah tersedianya sumber mata air tawar yang dinamakan dengan Air Pabersih. Sumber mata air tersebut jelas saja merupakan suatu keajaiban khusus karena berada ditengah pantai yang airnya asin. Kata warga disana, sumber mata air tawar ini juga yang menjadi satu dari sekian banyak Faktor dipilihnya pantai ini menjadi lokasi pendirian Pura Tanah Lot sebab dianggap sebagai kawasan yang sakral.

Tanah Lot memiliki jarak Satu jam dari Bandara atau kira-kira 50 menit melalui Pantai Kuta yang tak lain dan tak bukan bisa kita anggap sebagai kawasan wisata populer di Bali yang lain. Tempat wisata ini tidak sedikit dikunjungi terutama ketika menjelang sore sebab pemandangan matahari tenggelamnya yang terkenal keren.

Harga karcis masuk Tanah Lot adalah 15rb Rupiah. Harga yg sangat terjangkau untuk dapat menikmati wisata religi sekaligus keindahan pantai dalam sebuah tempat pariwisata di Bali.

Sejarah Wisata Tanah Lot

Tanah Lot terbentuk dari 2 kata yaitu ‘tanah’ yang mempunyai arti pulau dan ‘lot’ yang artinya laut. Bila digabungkan, keduanya mempunyai arti ‘pulau yg berada di tengah-tengah laut’. Disamping dari asal usul nama, kawasan wisata ini pun memiliki histori atau cerita yang diyakini menjadi awal mula dibangunnya Pura Tanah Lot.

Dulu, ada salah seorang penyebar ajaran Agama Hindu dari Jawa yg bernama Danghyang Nirartha ia berkelana ke tanah Bali. Ia sukses menguatkan kepercayaan masyarakat setempat, tapi seorang penguasa desa yg bernama Bendesa Beraban tidak suka dengan kehadiran Nirartha.

Beraban beserta pengikutnya berusaha melenyapkan Nirartha. Oleh Nirartha, kemauannya akan dipenuhi, tapi terlebih dulu ia memindahkan sebongkah batu besar ke tengah-tengah pantai. Di sini, Nirartha meneruskan semedinya. Ia pun melemparkan selendang yang dikenakannya ke tengah laut. Selendang tersebut lalu berubah menjadi “naga” hitam berbelang kuning yang ekornya pipih yang tugasnya menjaga dirinya saat bersemedi. Naga ini masih dapat dilihat di Tanah Lot tiba sekarang tapi tidak sebesar dulu (seperti ular naga) lagi.

Melihat keahlian Nirartha yang dahsyat, Beraban merasa kagum. Katanya, Beraban mengurungkan maksudnya mengusir Nirartha kemudian berbalik menjadi muridnya. Lalu dibangunlah 2 buah pura untuk tempat beribadah warga desa, 1 pura diatas bongkahan batu yg dipindahkan ke tengah-tengah pantai, 1 pura lagi terdapat di ujung tebing yang manghadap ke laut.

Aktivitas Wista di Tanah Lot Bali

Meskipun Anda tidak dibolehkan untuk masuk kedalam pura, tapi masih ada hal unik lainnya yang dapat Anda lakukan di Tanah Lot. Dibawah rangkumannya:

Photo-photo

Apa yg lebih menarik daripada mengabadikan keeksotisan sebuah obyek wisata kedalam bingkai photo? Dengan mengambil gambarnya, Anda dapat mengenang kembali keunikan Tanah Lot dari mana pun juga.

Indahnya sunset di lokasi wisata ini menjadi objek photo yang banyak dibidik para fotografer amatir & professional. Pura Tanah Lot dengan background suasana senja berwarna jingga akan menjadikan photo Anda menjadi sangat keren untuk dipamerkan ke sahabat & keluarga ketika kembali nanti.

Berburu Souvenir

Di pinggiran jalan masuk kearah Pura Tanah Lot ada pasar seni yang menyuguhkan beragam handycraft khas Bali. Anda dapat mendapatkan kalung serta gelang kayu yang di ukir, gantungan kunci yang berasal dari kerang, asbak yang menggunakan hiasan pasir & bintang laut kemudian juga t-shirt dengan beragam tulisan bergaya Bali.

Ketika berbelanja di pasar seni tersebut, sebaiknya memakai kemampuan menawar Anda. Harga yang dipasang awalnya relatif mahal, tapi bukan tak mungkin Anda dapat memperoleh harga yang lebih murah jika dapat menawarnya dengan benar.

Mitos-mitos Tanah Lot Bali

Setiap kawasan pariwisata mempunyai mitos-mitos unik yg banyak diyakini. Di Tanah Lot pun begitu. Di sana, berkembang cerita warga setempat bahwa jika pengunjung wisata mencuci muka menggunakan Tirta Pabersihan sembari mengucapkan permohonannya, maka tidak lama lagi kemauannya tersebut akan terwujud.

Tidak cuma mitos Tirta Pabersihan saja, karena berkembang sebuah mitos lagi. Anda dapat menggenggam ular berekor pipih pengawal pura sambil menaruh uang logam didasar air dan mengatakan permohonan. Ingat, jangan kelewat kasar ketika memegang ular ini agar mereka tak menerjang Anda.

Odalan adalah sebuah kegiatan keagamaan atau upacara yang kerap dilakukan setiap hari raya Galungan dan Kuningan. Di hari tersebut, Pura Tanah Lot bakal dipenuhi pemeluk agama Hindu yg datang dari semua penjuru Bali tuk bersembahyang di sana.

Lokasi dan trasnportasi di Tanal Lot Bali

Tanah Lot ada di Desa Beraban, Kec. Kediri, Tabanan, Bali. Tuk dapat pergi ke lokasi ini, cara paling gampang ialah dengan memakai jasa travel, merental kendaraan atau menggunakan taksi. Bila merental kendaraan, tak usah khawatir akan tersasar, terdapat banyak papan penunjuk jalan kearah Tanah Lot sebab tempat wisata ini amat terkenal di Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published.